5 Cara Mengecek Imei Vivo Untuk Mengetahui Keaslian Perangkat

cara mengecek imei vivo

Fungsi IMEI pada ponsel cerdas adalah untuk memverifikasi keotentikannya. Bahkan untuk merek VIVO, cara mengecek imei vivo sebenarnya cukup mudah. Ini memungkinkan pengguna untuk memastikan keaslian ponsel cerdas yang mereka miliki dan juga melindungi pembeli dari kemungkinan penipuan.

Setiap ponsel cerdas Vivo memiliki nomor IMEI yang unik. Keotentikannya dapat dipastikan dengan mendeteksi IMEI pada ponsel cerdas tersebut. Jika IMEI tersebut terblokir, dapat diasumsikan bahwa ponsel cerdas tersebut ilegal karena belum membayar pajak Bea Cukai.

Pengguna smartphone Vivo memiliki beberapa opsi untuk memeriksa IMEI perangkat mereka. Hal ini diperlukan untuk menentukan kelegalan penggunaan ponsel. Berikut adalah beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan:

1. Cek di Situs Resmi Vivo

Untuk memeriksa IMEI pada ponsel Vivo, cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi Vivo. Situs tersebut dapat diakses dengan mudah asal terkoneksi dengan internet. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

  • Prosedur dimulai dengan mencari nomor IMEI ponsel melalui panggilan ke *#06#.
  • Langkah selanjutnya adalah menyimpan atau mencatat nomor IMEI yang telah ditemukan.
  • Setelah itu, kunjungi situs resmi Vivo yang tersedia.
  • Saat situs terbuka, input nomor IMEI yang sudah dicatat sebelumnya. Setelah itu, berikan persetujuan dan klik tombol kirim.
  • Terakhir, akan muncul informasi mengenai jenis smartphone. Jika informasi ini tersedia, dapat dipastikan bahwa produk tersebut legal.

2. Melalui Factory Test

Cara lain untuk memeriksa IMEI pada ponsel Vivo adalah melalui factory test. Factory test adalah proses pengujian pabrik yang menghasilkan berbagai informasi tentang produk tersebut. Untuk rincian langkah-langkahnya bisa simak berikut di bawah ini:

  • Mulai dengan membuka menu panggilan sebagai langkah pertama.
  • Kemudian, inputkan kode *#558#.
  • Beri waktu beberapa saat untuk menunggu tampilan keterangan dari menu tes pabrik.
  • Setelah itu, pilih opsi untuk menggunakan Engineering Test.
  • Lakukan pemeriksaan dan uji fungsi hardware yang tersedia pada perangkat Vivo.
  • Setelah itu nanti akan muncul segala informasi tentang hardware ponsel Vivo tersebut termasuk nomor IMEI nya

3. Cek Melalui Menu Pengaturan

Menu pengaturan dalam perangkat pintar, juga dapat dimanfaatkan pengguna untuk memeriksa IMEI Vivo. Opsi pengaturan yang ada dalam perangkat pintar dapat ditemukan dalam menu yang tersedia. Cara mengecek IMEI Vivo melalui menu pengaturan dapat dilakukan melalui serangkaian langkah-langkah sederhana, dan berikut rinciannya:

  • Mulailah dengan membuka menu pengaturan di perangkat Vivo yang digunakan.
  • Selanjutnya, arahkan kursor ke pengaturan lain dan klik pada opsi Tentang Ponsel.
  • Setelah itu, gulir ke bawah hingga menemukan informasi nomor IMEI.

4. Lihat di Box Smartphone

Untuk mengonfirmasi IMEI Vivo, pengguna bisa merujuk pada kemasan atau box smartphone. Umumnya, produsen akan mencantumkan nomor IMEI bersama dengan informasi lainnya seperti model dan pabrikannya di kotak smartphone. 

Maka, disarankan agar pengguna tidak buru-buru membuang kemasan saat membeli ponsel baru. Periksalah secara menyeluruh bagian kotak tersebut untuk menemukan nomor IMEI. Setelah ditemukan, langkah selanjutnya adalah memeriksa lebih lanjut di situs resmi Vivo.

Prosesnya cukup sederhana, bukan? Dengan teliti saat memeriksa kemasan ponsel, pengguna dapat dengan mudah menemukan nomor IMEI tanpa perlu menggunakan internet. Berbeda dengan metode lain yang memerlukan akses online, pendekatan ini lebih praktis dan efisien.

5. Lihat di Fisik Smartphone

Pada sebuah ponsel, biasanya terdapat berbagai keterangan yang umumnya berupa stiker. Salah satu informasi penting yang tercantum adalah nomor IMEI. Untuk perangkat Vivo, proses menemukan nomor IMEI ini bisa dilakukan dengan mudah. 

Pengguna hanya tinggal mengecek di fisik hp itu saja adakah stiker yang memuat nomor IMEI atau tidak. Biasanya stiker tersebut terletak pada bagian belakang.

Nah demikianlah referensi untuk cara mengecek IMEI Vivo. Perlu diketahui bahwa hal tersebut berguna untuk mengetahui dan mengkonfirmasi keaslian hp Vivo yang digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top